• Sabtu, 1 Oktober 2022

Bambu Runcing, Dari Rerumputan Hingga Menjadi Senjata Fenomenal Yang Menakutkan

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:05 WIB
Barisan pejuang indonesia saat membawa bambu runcing  (suaramerdeka.com / dok)
Barisan pejuang indonesia saat membawa bambu runcing (suaramerdeka.com / dok)

INIPALU - Walaupun di kenal dengan tanaman yang merupakan anggota jenis rerumputan, namun bambu pada jaman dulu yaitu jaman penjajahan telah digunakan untuk menjadi sebuah senjata perang atau senjata tajam, yang dikenal dengan sebutan bambu runcing.

Pada masa perjuangan kemerdekan Republik Indonesia, bambu runcing di kenal sebagai senjata tradisional yang sangat penomenal dan digunakan untuk membasmi para penjajah kala itu.

Baca Juga: Peringatan HUT ke-77 RI, Jokowi Kenakan Baju Adat Buton

Menurut cerita orang terdahulu, bambu runcing bukan hanya sekedar bambu sebagai senjata biasa, tetapi saat itu bambu runcing merupakan salah satu senjata yang ampu dan di takuti oleh para penjajah dan mendapat pengakuan dari para penggunanya.

Bambu runcing juga bisa di sebut dengan jenis senjata yang sakral, dimana pada jaman kerajaan, bambu di gunakan sebagai tombak dan penyambung untuk benda benda tajam yang akan di letakan di ujung bambu dan dijadikan senjata perang untuk para prajurit kerajaan.

Baca Juga: Sebaiknya Hindari 14 Larangan Ini Saat Pakai Logo HUT ke-77 RI

Berbeda dengan pahlawan Kemerdekaan RI yang hanya menggunakan bambu runcing, adalah sebatang bambu yang di pertajam ujungnya agar bisa di jadikan senjata, berbeda dengan jaman kerajaan.

Senjata tradisional yang di buat dari tumbuhan yang masuk dalam jenis rerumputan ini, Mulai dikembangkan semasa pendudukan Jepang yang terkenal dengan sebutan takeyari, senjata ini digunakan untuk menghadang pasukan payung musuh yang diterjunkan dari udara.

Baca Juga: Cocok Update di Media Sosial, Berikut Rekomendasi Twibbon HUT ke-77 RI

Tentara Jepang juga melatih laki-laki dan perempuan terkait cara menggunakan takeyari yang jika digunakan biasanya diiringi dengan teriakan keras dan pekik kemarahan.

Halaman:

Editor: Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Benarkah? 5 Lagu ini Merupakan Lagu Pemanggil Setan

Kamis, 8 September 2022 | 16:53 WIB
X