• Selasa, 29 November 2022

57 Persen Karyawan PT CPM Diserap dari Poboya dan Sekitarnya

- Rabu, 28 September 2022 | 12:01 WIB

PALU, - PT Citra Palu Minerals (CPM) selaku pemegang kontrak karya (KK) perusahaan pertambangan emas di Kelurahan Poboya, memastikan membuka ruang bagi tenaga kerja lokal untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Ribuan Pelanggar Lalu lintas di Kota Palu Terekam Kamera ETLE

Saat ini total jumlah karyawan CPM sebanyak 304 orang yang terdiri dari karyawan Ring I (Wilayah 7 Kelurahan yang ada di Kec. Mantikulore) sebanyak 57 persen atau setara 173 orang, ring II (Wilayah Kota Palu) 17 persen atau setara 50 orang dan Ring III (Wilayah Prov. Sulawesi Tengah) sebesar 7 persen atau 22 orang.

Baca Juga: Cuman 88 jutaan Bro! Mobil Listrik Ini Siap Masuk Indonesia

Sementara untuk Ring IV (Wilayah Pulau Sulawesi) sebanyak 1 persen atau setara dengan 4 orang dan Ring V luar Pulau Sulawesi Sulawesi atau Nasional sebanyak 18 persen atau setara 54 orang.

“Sedangkan untuk karyawan kontraktor saat ini berjumlah 1329 karyawan yang mayoritas merupakan karyawan kontraktor untuk pembangunan pabrik 4000 TPD yang sedang berlangsung saat ini. Penerimaan tenaga kerja kontraktor juga menyerap tenaga kerja lokal atau orang-orang disekitar perusahaan dengan bekerjasama dengan LPM Poboya. Namun untuk tenaga teknis yang membutuhkan kompetensi tenaga ahli masih menggunakan tenaga kerja dari luar Kota Palu karena terkait kompetensi teknis,” ujar Manager Human Resources Development & General Affair (HRD-GA) PT CPM, Fajar Styo Pambudi, Selasa (27/09).

Terkait dengan peluang penyerapan tenaga kerja, kata dia, seiring meningkatnya kapasitas produksi nantinya maka dipastikan akan ada peningkatan kebutuhan karyawan karena ada tambahan aktivitas operasional produksi perusahaan.

Rencana penyerapan tenaga kerja dilakukan secara bertahap mengikuti tahapan aktifitas penyelesaian pembangunan pabrik 4000TPD. Namun, PT CPM menyadari bahwa penyerapan tenaga kerja tidak akan mungkin mengakomodir seluruh angkatan kerja yang ada di Ring 1 (7 Kelurahan yang ada di Kec. Mantikulore) pada khususnya dan Kota Palu pada umumnya, sehingga kami sangat berharap program PPM yang direncanakan oleh Dept. LM & External Relation yang membidangi fungsi PPM/CSR ini di PT CPM dapat membuat program-program Kewirausahaan sehingga menciptakan Enterpreuner-entrepreuner baru dan membuat lapangan kerja baru.

"Intinya terkait penyerapan tenaga kerja, lanjut dia, CPM membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada tenaga kerja lokal untuk berkarir di PT CPM sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki" jelas Fajar sapaan akrabnya.

Pihaknya juga tidak membeda-bedakan tenaga kerja perempuan dan laki-laki, semuanya orang bisa berkarir. Ia juga menepis anggapan bahwa industri tambang identik dengan laki-laki. Justru, kata dia, CPM berharap banyak karyawan perempuan bisa menjadi keluarga besar PT CPM, tidak hanya untuk di posisi administrasi, namun juga di bagian operasi atau teknis sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan kebutuhan operasional perusahaan".

Halaman:

Editor: Rahmat Dhani

Tags

Terkini

Kahmi Peduli bagikan 1.150 paket sembako di Huntap Sigi

Minggu, 27 November 2022 | 21:58 WIB

Politikus dominasi presidium KAHMI periode 2022-2027

Minggu, 27 November 2022 | 08:26 WIB

Ada apa! Peserta Munas KAHMI Teriakan Anies

Jumat, 25 November 2022 | 21:24 WIB

Jusuf Kalla sampaikan kriteria presidium KAHMI

Jumat, 25 November 2022 | 04:45 WIB

KAHMI diharap hilangkan stigma negatif di Palu

Jumat, 25 November 2022 | 04:40 WIB
X